Solopos.com, TEMANGGUNG — Ribuan petani di Kabupaten Temanggung mengikuti tradisi wiwit tanam tembakau di Alun-Alun Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

PromosiLiga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Pada tradisi wiwit tanam tembakau tersebut para kelompok tani membawa bucu (tumpeng nasi gurih) beserta lauk-pauknya. Tradisi wiwit tanam tembakau ini diikuti oleh seluruh kelompok tani di wilayah Kabupaten Temanggung ada 700 kelompok tani dan yang hadir sekitar 7.000 orang.

Tembakau merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Temanggung karena kontribusinya yang tinggi terhadap pendapatan para petani. Daerah basis tembakau di Kabupaten Temanggung tersebar di 13 kecamatan.

Tujuan dari wiwit tanam tembakau ini adalah untuk memanjatkan doa bersama agar seluruh rangkaian kegiatan pertembakauan sejak tanam sampai nanti panen hasilnya baik dan juga harganya semakin baik.

Warga melakukan kirab dengan membawa gunungan hasil bumi dan bibit tembakau saat tasyakuran memulai musim tembakau di Alun-alun Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (4/5/2024). (Antara/Anis Efizudin)

 

Sejumlah warga menyantap makanan bersama saat tasyakuran memulai musim tembakau di Alun-alun Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (4/5/2024). (Antara/Anis Efizudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi