Solopos.com, DENPASAR — Ribuan umat Hindu berendam di air saat melakukan ritual Melukat atau menyucikan diri pada Hari Banyu Pinaruh di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Minggu (23/10/2022).

PromosiAda BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Hari Banyu Pinaruh merupakan prosesi yang dirayakan umat Hindu satu hari setelah Hari Raya Saraswati yang diyakini sebagai waktu yang baik untuk menyucikan dan membersihkan diri serta pikiran secara spiritual dengan melakukan ritual Melukat di laut maupun sumber mata air suci lainnya.

Hari Raya Saraswati adalah hari turunnya Ilmu Pengetahuan. Umat Hindu di Bali merayakannya setiap 210 hari sekali pada Sabtu (Saniscara), Umanis (Legi), Watugunung. Pada Hari Raya Saraswati dilakukan pemujaan pada Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni.

 

Sejumlah umat Hindu melakukan ritual Melukat atau menyucikan diri di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Minggu (23/10/2022). (Antara/Fikri Yusuf)

 

 Hari Banyu Pinaruh merupakan prosesi yang dirayakan umat Hindu satu hari setelah Hari Raya Saraswati. (Antara/Fikri Yusuf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi