Solopos.com, PEKALONGAN — Masjid Jami Aulia, merupakan masjid tertua di Sapuro, Pekalongan, Jawa Tengah. Masjid Jami Aulia juga disebut-sebut sebagai masjid tertua di eks-Keresidenan Pekalongan yang meliputi wilayah Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Batang.

PromosiBukan Mission Impossible, Garuda!

Berdasarkan penjabaran Ketua Umum Yayasan Masjid Jami Aulia Sapuro KH Ahmad Dananir Dananjoyo, Masjid Jami Aulia Sapuro diperkirakan dibangun pada tahun 1614 Masehi (1035 H). Masjid itu dibangun oleh empat orang utusan Demak yaitu Kiai Maksum, Kiai Sulaiman, Kiai Lukman, dan Kiai Kudung.

 

Pengunjung mengabadikan ruangan dalam masjid menggunakan telepon selulernya di Masjid Jami Aulia, Sapuro, Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (9/4/2022). (Antara/Harviyan Perdana Putra)

 

Baca Juga: Selain Masjid Agung Kotagede, Ini Daftar Masjid Tertua di Yogyakarta

Kayu-kayu penyangga bangunan masjid dan bagian kayu lainnya merupakan sisa pembangunan Masjid Agung Demak yang dibangun pada tahun 1479 Masehi. Selain itu, di Masjid Jami Aluia juga terdapat Al-Qur’an berukuran raksasa. Al-Qur’an itu diperkirakan berukuran 2 meter x 2,30 meter.

 

Suasana bangunan depan dan menara Masjid Jami Aulia, Pekalongan, Jawa Tengah. (Istimewa/Jatengprov.goi.d)

 

Masjid Jami Aluia juga terdapat Al-Qur’an berukuran raksasa. Al-Qur’an itu diperkirakan berukuran 2 meter x 2,30 meter. (Istimewa/Jatengprov.goi.d)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi