Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 55 anggrek Vanda tricolor diserahkan warga di wilayah Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang untuk dikembalikan atau relokasi ke habitat aslinya di lereng Gunung Merapi. Pengembalian jenis anggrek yang menjadi salah satu spesies endemik Merapi itu dilakukan Taman Nasional Gunung Merapi .

PromosiSelamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

 

Personel SAR Klaten dan Mapala Silvagama UGM memanjat tebing di lereng Gunung Merapi wilayah Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang untuk mengembalikan anggrek Vanda tricolor ke habitat alaminya, Sabtu (30/10/2021). (Istimewa/Humas Setda Klaten)

 

Personel dari SAR Klaten dan Mapala Silvagama UGM memanjat tebing untuk meletakkan anggrek Vanda tricolor direlokasi pada tebing blok Ngangringan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, pada Jumat – Sabtu (29-30/10/2021).

Upaya untuk mengembalikan anggrek spesies endemik Merapi terus dilakukan dengan melibatkan berbagai unsur warga terutama yang tinggal di lereng Merapi. Sebelumnya warga sering mengambil anggrek Vanda tricolor di kawasan lereng Merapi tersebut. Setelah mengetahui arti penting keberadaan anggrek tersebut untuk dikembangkan di habitat aslinya, warga berbondong-bondong menyerahkan anggrek yang menjadi salah satu spesies anggrek endemik Merapi.

 

Sebanyak 55 anggrek Vanda tricolor diserahkan warga di wilayah Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang untuk dikembalikan atau relokasi ke habitat aslinya di lereng Gunung Merapi.(Istimewa/Humas Setda Klaten)

 

Sebelumnya warga sering mengambil anggrek Vanda tricolor di kawasan lereng Merapi tersebut.(Istimewa/Humas Setda Klaten)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi