Solopos.com, SOLO — Warga dan abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berebut gunungan dalam perayaan Grebeg Maulud di Masjid Agung Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/10/2022).

PromosiKomeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Kirab gunungan berlangsung meriah dan merupakan bagian dari tradisi Grebeg Mulud sebagai puncak perayaan Sekaten yang digelar selama sebulan. Gunungan itu ludes diserbu ribuan orang tak kurang dari 10 menit.

Grebeg tersebut digelar sebagai wujud syukur pihak keraton setempat untuk melestarikan tradisi Bulan Maulud pada penanggalan Jawa. Kirab diawali barisan prajurit dan abdi dalem yang berjalan kaki dari Kori Kamandungan Keraton Solo menuju Masjid Agung Solo. Di barisan terakhir, para abdi dalem membawa sepasang gunungan jaler dan gunungan estri.

 

Abdi dalem mengarak gunungan dari Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menuju Masjid Agung Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/10/2022). (Antara/Maulana Surya)

 

Abdi dalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memainkan gamelan dalam kirab Grebeg Maulud di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/10/2022). (Antara/Maulana Surya)

 

Abdi dalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengarak gunungan sebelum diperebutkan dalam perayaan Grebeg Sekaten di Masjid Agung Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/10/2022). Grebeg tersebut digelar sebagai wujud syukur pihak keraton setempat untuk melestarikan tradisi Bulan Maulud pada penanggalan Jawa. ANTARAFOTO/Maulana Surya/hp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi