Solopos.com, SUKOHARJO — Warga membawa berbagai kerajinan berbahan rotan saat mengikuti Kirab Budaya Grebeg Penjalin di Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (14/6/2023).

PromosiTragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Kirab budaya perajin rotan tersebut mengusung tema pewayangan dengan dimeriahkan sejumlah Punokawan cilik hingga tokoh-tokoh pewayangan yang dirajut dari rotan setinggi 2-4 meter. Peserta juga mengenakan kostum karnaval dengan hiasan dari rotan.

Kirab Grebeg Penjalin ke-6 yang diikuti sekitar 5.000 warga sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah dan rezeki warga dari kerajinan rotan sekaligus upaya melestarikan kerajinan yang merupakan produk unggulan Desa Trangsan.

Selain itu, acara tersebut untuk menumbuhkan semangat kerja dan daya cipta serta kreativitas segenap pelaku industri mebel rotan desa setempat.

 

Warga mengusung gunungan berisi hasil kerajinan saat Kirab Budaya Grebeg Penjalin ke-6 Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Rabu (14/6/2023). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

 

Warga berebut gunungan rotan saat Grebeg Penjalin di Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (14/6/2023). (Antara/Mohammad Ayudha)

 

Kendaraan membawa kerajinan rotan berebentuk tokoh wayang Semar saat Kirab Budaya Grebeg Penjalin ke-6 Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Rabu (14/6/2023). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi