Solopos.com, MAGELANG — Balai Konservasi Borobudur (BKB) tengah terus melakukan ekskavasi (penggalian) bagian candi Situs Samberan di Dusun Samberan, Ringinanom, Tempuran, Magelang, Jawa Tengah, Senin (19/9/2022).

PromosiPembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Situs Samberan berjarak empat kilometer dari Candi Borobudur merupakan temuan situs berupa candi dengan struktur atau berbahan batu bata terbesar di Jawa Tengah yaitu berukuran 16 x 14 meter yang diperkirakan dibangaun pada abad VII-IX.

Temuan yang ada di Situs Samberan berupa batu bata kuno dan beberapa yoni. Bata kuno yang ditemukan berupa bata penyusun bagian sudut dari struktur fondasi candi. Temuan lain di Situs Samberan adalah beberapa yoni yang terletak di sekitar struktur bata. Salah satu temuan yoni, diletakkan di dekat rumah warga.

Yoni tersebut sudah tidak utuh, hanya terdapat bagian kaki dan sebagian tubuhnya. Bagian atas dan ceratnya sudah tidak dijumpai ketika survei dilakukan. Dasar yoni berbentuk relatif persegi dengan ukuran 103 x 105 cm, sedangkan ukuran tubuhnya 67 x 63 cm, kemudian lubang di tengah tubuh yoni berbentuk persegi dengan ukuran 35 cm.

 

Petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB) menunjukkan potongan patung yang baru ditemukan saat ekskavasi (penggalian) Situs Samberan di Dusun Samberan, Ringinanom, Tempuran, Magelang, Jawa Tengah, Senin (19/9/2022). (Antara/Anis Efizudin)

 

Situs Samberan berjarak empat kilometer dari candi Borobudur merupakan temuan situs berupa candi berbahan batu bata terbesar di Jawa Tengah. (Antara/Anis Efizudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi