Solopos.com, DENPASAR — Ratusan naskah aksara Bali yang ditulis pada daun lontar berhasil diselamatkan melalui perawatan atau konservasi oleh Tim Penyuluh Bahasa Bali dalam dalam Festival Konservasi Lontar yang merupakan rangkaian Bulan Bahasa Bali 2022 di Denpasar, Bali, Minggu (6/2/2022).

PromosiUniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Sebanyak 70 cakep atau lembar-lembar naskah lontar dijadikan satu sesuai cerita milik Geria Dauh Buruan yang dirawat di antaranya terdapat lontar kekawin, usadha, arjuna wiwaha, dan beberapa lontar usadha yang dibersihkan dengan menggunakan obat khusus seperti alkohol, minyak sereh, dan buah kemiri.

 

Penyuluh Bahasa Bali membersihkan naskah aksara Bali yang ditulis pada daun lontar dalam festival konservasi lontar yang merupakan rangkaian Bulan Bahasa Bali 2022 di Denpasar, Bali, Minggu (6/2/2022). (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Baca Juga: Aksara Jawa dan Sunda Diajukan Dapat SNI dari BSN

Kegiatan tersebut digelar untuk merawat dan melestarikan naskah lontar Bali sebagai warisan budaya intelektual leluhur Bali.

Upaya pelestarian naskah tersebut karena di dalamnya terdapat berbagai pengetahuan mengenai kehidupan, sosial, budaya, agama, pengobatan, dan silsilah keluarga supaya tidak punah ditelan zaman.

Kegiatan tersebut digelar untuk merawat dan melestarikan naskah lontar Bali sebagai warisan budaya intelektual leluhur Bali. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

 

Upaya pelestarian naskah tersebut karena di dalamnya terdapat berbagai pengetahuan mengenai kehidupan, sosial, budaya, agama, pengobatan, dan silsilah keluarga supaya tidak punah ditelan zaman. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi