Solopos.com, WONOGIRI — Sejak Sabtu (1/7/2023) pagi, warga dan sukarelawan di beberapa kecamatan di Wonogiri gotong royong memperbaiki seratusan rumah maupun rumah yang rusak akibat gempa bumi yang berpusat di barat daya Bantul pada Jumat (30/6/2023) malam.

PromosiGonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Sebanyak 14 fasilitas umum, di antaranya 3 sekolah, 4 poskamling, dan beberapa masjid, serta 111 rumah rusak ringan, menengah, hingga berat di sejumlah kecamatan di Wonogiri

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Trias Budiono, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (1/7/2023) pagi.

Berdasarkan pendataan hingga pukul 08.00 WIB, sekolah yang mengalami kerusakan, yakni SMPN 1 Giriwoyo, SMPN 1 Paranggupito, dan SMKN 1 Pracimantoro.

“Kerusakan di bangunan sekolah mayoritas gentengnya jatuh atau plafonnya roboh. Total ada 14 fasum lain yang rusak, selain sekolah, seperti masjid dan pos kamling,” terangnya.

Sementara 111 rumah yang rusak akibat gempa Bantul tersebar di sejumlah kecamatan, seperti Pracimantoro, Eromoko, Sidoharjo, Tirtomoyo, dan Paranggupito.

Kondisi rumah warga yang roboh di Dusuk Karakan, Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri akibat gempa yang berpusat di barat daya Bantul, Jumat (30/6/2023) malam. (Istimewa/BPBD Wonogiri)
Kondisi rumah warga yang roboh di Dusuk Karakan, Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri akibat gempa yang berpusat di barat daya Bantul, Jumat (30/6/2023) malam. (Istimewa/BPBD Wonogiri)

 

Gempa Bantul Terasa hingga Soloraya, Kerusakan Terparah di Wonogiri
Dinding dapur ambrol di rumah milik Wardi di Dusun Tempuran, Desa Bulurejo, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri akibat gempa yang berpusat di barat daya Bantul, Jumat (30/6/2023) malam. Sebagian dinding dapur ambrol, dinding kamar mandi retak dan miring, serta dinding rumah banyak yang retak. (Istimewa/BPBD Wonogiri)

 

Sejumlah warga dan sukarelawan bergotong royong memindahkan plafon yang roboh akibat gempa Bantul di SMKN 1 Pracimantoro Wonogiri, Sabtu (1/7/2023). (Istimewa/Angga Eka)
Warga mengevakuasi plafon yang roboh akibat gempa Bantul di SMKN 1 Pracimantoro Wonogiri, Sabtu (1/7/2023). (Istimewa/Angga Eka)

 

Rumah dan dapur milik warga di Dusun Karakan, Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri yang roboh akibat gempa yang berpusat di barat daya Bantul, Jumat (30/6/2023) malam. (Dokumentasi Polres Wonogiri)
Rumah dan dapur milik warga di Dusun Karakan, Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri yang roboh akibat gempa yang berpusat di barat daya Bantul, Jumat (30/6/2023) malam. (Istimewa/Dokumentasi Polres Wonogiri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi