Solopos.com, AGAM — Gunung Marapi mengeluarkan abu vulkanik terlihat dari Batang Silasiah, Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatra Barat, Minggu (14/1/2023).

PromosiTragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi di Bukittinggi mencatat telah terjadi erupsi pada pukul 06.21 WIB dengan tinggi kolom abu sekitar 1.300 meter dari atas puncak, disusul hujan abu abu bercampur air yang turun di sekitar kaki gunung.

Sebelumnya pada Sabtu (313/1/2024), Gunung Marapi (2.891 mdpl) di Sumatra Barat itu juga mengalami erupsi dengan mengeluarkan suara dentuman dan gemuruh terdengar keras pada radius 4,7 kilometer serta melontarkan batu api dan menyebabkan hujan abu di sekitar kaki gunung yang kini berstatus siaga level III itu.

Petugas BPBD melihat kondisi tenda yang berselimut abu vulkanik, seusai erupsi Gunung Marapi di Batang Silasiah, Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatra Barat, Minggu (14/1/2023). (Antara/Iggoy el Fitra)

 

Gunung Marapi mengeluarkan batu panas saat erupsi terlihat dari Batang Silasiah, Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatra Barat, Sabtu (13/1/2024) dini hari. (Antara/Iggoy el Fitra)

 

Seorang relawan melihat kondisi mobil yang terkena abu vulkanik di Pokso Bencana Gunung Marapi, Batang Silasiah, Nagari Bukik Batabuah, Agam, Sumatra Barat, Sabtu (13/1/2024). (Antara/Iggoy el Fitra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi