Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menginstruksikan seluruh instansi terkait bekerja serius menangani tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

PromosiBukan Mission Impossible, Garuda!

Hal itu disampaikan Wapres saat menghadiri Puncak Acara Hari Pekerja Migran Internasional 2023  di Tennis Indoor Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (18/12/2023) dengan mengusung tema Pekerja Migran Indonesia Merdeka Berdaya Sejahtera.

Ma’ruf Amin meminta seluruh pekerja migran Indonesia (PMI) menempuh jalur resmi dalam keberangkatan ke luar negeri guna mengurangi risiko praktik TPPO atau risiko lain yang dapat membahayakan nyawa.

Ma’ruf Amin mengingatkan pekerja migran tanpa dokumen resmi tidak bisa mendapat perlindungan dari pemerintah ataupun penyedia kerja, serta rentan akan penipuan dan eksploitasi oleh penyalur.

Oleh karena itu ia menekankan pentingnya para pekerja migran Indonesia menempuh jalur resmi yang sesuai peraturan dalam keberangkatan ke luar negeri, guna mencegah risiko TPPO yang bertentangan dengan hak asasi manusia.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan arahan saat menghadiri perayaan Hari Pekerja Migran Internasional (HPMI) di Jakarta, Senin (18/12/2023). (Antara/Hafidz Mubarak A)

 

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggelar perayaan HPMI dengan mengusung tema Pekerja Migran Indonesia Merdeka Berdaya Sejahtera. (Antara/Hafidz Mubarak A)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi