Solopos.com, SUKOHARJO — Perajin melakukan penyamakan kulit kambing di rumah produksi di Desa Sonorejo, Sukoharjo, Senin (3/7/2023).

PromosiSejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Kulit kambing untuk bahan baku kerajinan kaligrafi tersebut dibuat menggunakan kulit kambing betina dikarenakan tektur kulitnya yang tipis dan mudah ketika diproses.

Menurut perajin bahan baku tersebut dipasarkan ke Sukoharjo dan Klaten dengan harga jual Rp30.000 hingga Rp80.000 per lembar tergantung ukuran. Perajin kulit rata-rata bisa memproduksi sekitar 70 hingga 80 kulit per hari ketika musim kemarau berlangsung.

Pekerja membersihkan kulit kambing sebelum dijemur di rumah produksi di Desa Sonorejo, Sukoharjo, Senin (3/7/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)
Perajin memaku kulit kambing untuk dijemur di rumah produksi di Desa Sonorejo, Sukoharjo, Senin (3/7/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)
Perajin membingkai kerajinan lukis berbahan kulit kambing di desa Sonorejo, Sukoharjo, Senin (3/7/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi