Solopos.com, SOLO — Abdi dalem membersihkan gamelan pusaka saat Jamasan Gangsa Kanjeng Kyai Surak di Bangsal Bale Bang Sitihinggil Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Minggu (17/9/2023).

PromosiMali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Jamasan yang diikuti puluhan abdi dalem tersebut merupakan rangkaian agenda Hajad Dalem Grebeg Mulud. Pada rangkaian ritual Sekaten itu pihak Keraton Solo juga menjamas sejumlah benda pusaka antara lain Jamasan Songsong Kanjeng Kiai Brawijaya dan meriam Kanjeng Nyai Setomi .

Sebelumnya pihak Keraton Solo juga menggelar upacara jamasan gamela pusaka Kyai Guntur Madu dan Guntur Sari pada Sabtu (16/9/2023). Dua gamelan Sekati itu akan ditabuh secara bergantian saat puncak perayaan Sekaten di halaman Masjid Agung Keraton Solo seusai Salat Zuhur dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Abdi dalem membersihkan perangkat gamelan pusaka aat Jamasan Gangsa Kanjeng Kyai Surak di Bangsal Bale Bang Sitihinggil Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Minggu (17/9/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Abdi dalem berdoa bersama sebelum Jamasan Gangsa Kanjeng Kiai Surak di Bangsal Bale Bang Sitihinggil Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Minggu (17/9/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Jamasan yang diikuti puluhan abdi dalem tersebut merupakan rangkaian agenda Hajad Dalem Grebeg Mulud. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi