Solopos.com, SOLO — Pengurus kelenteng menggelar ritual Kimsin atau tradisi mencuci dan membersihkan patung dewa-dewi di Kelenteng Tien Kok Sie, Pasar Gede, Solo, Minggu (21/1/2024).

PromosiKomeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Pengurus kelenteng dan warga Tionghoa mulai membersihkan tempat ibadah serta membersihkan rupang atau patung dewa-dewi dengan kembang tujuh rupa dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2024.

Pada ritual Kimsin tersebut satu per satu patung diturunkan dari altar, kemudian, patung-patung itu dimandikan dan dibersihkan dengan kuas dan lap baru.
Kegiatan menjamasi atau memandikan patung dilakukan oleh pengurus kelenteng, umat Konghucu, dan sejumlah pekerja.

Pengurus kelenteng menurunkan patung dewa dari altar saat ritual Kimsin di Kelenteng Tien Kok Sie Solo, Minggu (21/1/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

 

Pengurus kelenteng berdoa sebelum melakukan pembersihan rumpang di Kelenteng Tien Kok Sie Solo, Minggu (21/1/2024).  (Solopos/Joseph Howi Widodo).

 

Pengurus kelenteng mencuci dan membersihkan patung dewa-dewi di Kelenteng Tien Kok Sie Solo, Minggu (21/1/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi