Solopos.com, MAGELANG — Warga membongkar muatan bantuan rumput bagi peternak terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Merapi di Desa Paten, Dukun, Magelang, Jawa Tengah Selasa (14/3/2023).

PromosiUniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kementerian pertanian melalui Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Baturaden memberikan bantuan rumput segar sebanyak 21 ton bagi peternak di lereng gunung Merapi yang mengalami kesulitan karena rumput pakan ternak terpapar oleh abu vulkanis.

Peternak di utara lereng Gunung Merapi terpaksa mencuci rumput untuk pakan ternak karena permukaan rumput tertutup abu vulkanis akibat awan panas guguran (APG) Gunung Merapi.

Pengaruh abu vulkanik kepada ternak bisa menyebabkan penurunan palatabilitas, yakni daya suka pada konsumsi rumput sehingga mengakibatkan penurunan nafsu makan.

 

Warga menurunkan rumput bagi peternak terdampak awan panas guguran (APG) gunung Merapi di Desa Paten, Dukun, Magelang, Jawa Tengah Selasa (14/3/2023). (Antara/Anis Efizudin)

 

Peternak mengambil bantuan pakan ternak di wilayah terdampak erupsi Gunung Merapi di Dukun, Magelang, Selasa (14/3/2023). (Solopos.com/Disnakkeswan Jateng)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi