Solopos.com, DEMAK — Banjir merendam sejumlah makam di luar cungkup makam utama Sunan Kalijaga di kawasan Cagar Budaya Situs Kompleks Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Demak, Jawa Tengah, Selasa, (19/3/2024).

PromosiBerteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Banjir yang melanda Kabupaten Demak selain merendam ribuan rumah warga dan telah masuk ke pusat kota, juga merendam kawasan cagar budaya tersebut dengan ketinggian air 20-40 cm.

Menurut pengurus makam, kejadian kompleks makam Sunan Kalijaga kebanjiran ini merupakan yang pertama dan belum pernah terjadi pada banjir sebelumnya.

Selain itu, pasar cinderamata yang berada di kompleks makam tersebut juga kebanjiran dan membuat pada pedagang menutup lapak mereka.

Banjir di Kabupaten Demak akibat curah hujan tinggi menyebabkan sejumlah tanggul sungai jebol dan memaksa puluhan ribu warga mengungsi.

Pengurus makam menunjukkan situs Selo Palenggahanipun Kanjeng Sunan Kalijaga yang terndam banjir di kawasan Cagar Budaya Situs Kompleks Makam Sunan Kalijaga di Demak, Jawa Tengah, Selasa, (19/3/2024). (Antara/Aji Styawan)

 

Suasana lokasi kios pasar cinderamata Wali Songo (Sembilan Wali) tutup akibat terendam banjir di kawasan Cagar Budaya Situs Kompleks Makam Sunan Kalijaga di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa, (19/3/2024). (Antara/Aji Styawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi