Solopos.com, SOLO — Sejumlah pekerja memproduksi Roti Kecik di Toko Roti Genep atau Ganep Bakery, Jl. Sutan Syahrir, Solo, Senin (24/7/2023).

PromosiBerteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Produksi roti kering tersebut sudah ada sejak tahun 1881 yang hingga kini dijadikan sebagai salah satu camilan legendaris oleh kebanyakan masyarakat Kota Solo maupun sebagai oleh-oleh para wisatawan.

Roti Kecik dibuat dengan berbahan dasar tepung beras ketan dengan campuran telur dan gula pasir. Tekstur roti ini garing dan renyah berwarna cokelat serta cukup manis namun tidak semanis roti pilihan kekinian. Tanpa bahan pengawet dan proses masaknya dengan disangrai Roti Kecik ini mampu bertahan paling tidak setahun.

Dalam satu hari toko tersebut mampu mengolah sekitar 50 kg hingga 100 kg ketan untuk bahan dasar pembuatan Roti Kecik dengan jumlah sekitar 52 pekerja.

Roti Kecik sebagai produk utama Roti Ganep ini diilhami dari tanaman sawo kecil yang banyak tumbuh di halaman dalam Keraton Solo. Makanan tradisional ini masih banyak diburu wisatawan karena menumbuhan ingatan masa kecil mereka yang sempat mengonsumsi roti kering ini.

Roti Kecik juga telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pekerja menyiapkan ketan yang telah disangrai untuk bahan dasar pembuatan Roti Kecik di Toko Roti Genep kawasan Jl. Sutan Syahrir, Solo, Senin (24/7/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Pekerja menunjukan Roti Kecik yang telah jadi di dapur di Toko Roti Genep. (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Suasana dapur pembuatan Roti Kecik di Toko Roti Genep kawasan Jl. Sutan Syahrir, Solo, Senin (24/7/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Pekerja mengambil roti kecik yang telah jadi dari oven saat pembuatan Roti Kecik di Toko Roti Genep kawasan Jl. Sutan Syahrir, Solo. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi