Solopos.com, KLATEN – Dukuh Karangpoh, Desa Padas, Kecamatan Karanganom menjadi gudangnya para pandai besi di Klaten. Aneka produk berbahan logam khususnya alat pertanian seperti cangkul, garpu tanah, garpu tarik, linggis, dan lain-lain dihasilkan para perajin di desa itu.

PromosiSelamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) tersebut sudah menjadi pandai besi secara turun temurun. Pada 1998, para perajin di kampung itu membentuk koperasi bernama Koperasi Industri Kecil dan Kerajinan Alat Derap Laju Pande Besi dan Las (Delapan Belas) pada 1998.

Lebih dari 40 perajin yang tergabung dalam koperasi itu. Selain menjadi koperasi aktif binaan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) RI, para perajin di koperasi itu menjadi binaan Yayasan Darma Bakti Astra (YDBA) mulai 2018.

Pendampingan itu membawa dampak besar bagi para perajin yang juga memiliki motivasi tinggi untuk terus belajar meningkatkan kapasitas mereka. Para perajin diajari mulai dari pengusaan teknologi informasi untuk memasarkan produk secara online.

Mental perajin kian tertempat ditambah wawasan mereka semakin luas. Kualitas produk juga terus diperbaiki melalui binaan tersebut. Salah satu hasilnya yakni para perajin kini memiliki izin untuk memasarkan cangkul SNI dengan merek cangkul merah-putih.

Pekerja membakar besi baja sebelum ditempa saat produksi cangkul di sentra pande besi binaan Astra di Dukuh Karangpoh, Desa Padas, Kecamatan Karanganom, Klaten, Selasa (12/9/2023). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)
Pekerja menempa besi baja pada produksi cangkul di sentra pande besi binaan Astra di Dukuh Karangpoh, Desa Padas, Kecamatan Karanganom, Klaten, Selasa (12/9/2023). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)
Proses stempel produk cangkul di sentra pande besi binaan Astra di Dukuh Karangpoh, Desa Padas, Kecamatan Karanganom, Klaten, Selasa (12/9/2023). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)
Pemilik UD Arum Sari, Supriyanto, menunjukkan cangkul SNI bermerek Merah Putih hasil buatannya di Dukuh Karangpoh, Desa Padas, Kecamatan Karanganom, Klaten, Selasa (12/9/2023). (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi