Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan 5 unit pesawat terbang NC-212i untuk TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

PromosiEnjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Lima unit pesawat terbang NC-212i yang dirakit oleh PT Dirgantara Indonesia (DI) kepada TNI AU untuk memperkuat alutsista di Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Kelima pesawat itu merupakan bagian dari sembilan pesawat NC-212i yang dipesan Kementerian Pertahanan di PT DI untuk TNI AU. Tiga pesawat lainnya dijadwalkan selesai dirakit pada tahun 2024, sementara satu unit pesawat sisanya pada tahun 2025.

Pesawat angkut ringan serbaguna itu tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk latihan dan pengangkut pasukan, tetapi juga evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca atau hujan buatan, dan pelatihan navigasi udara. Pesawat tersebut mampu mengangkut 28 penumpang dan memuat beban (payload) sampai tiga ton.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melihat kokpit pesawat saat serah terima pesawat terbang NC-212i untuk TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Antara/Galih Pradipta)

 

Prajurit TNI AU berada di dalam pesawat terbang NC-212i saat upacara penyerahan pesawat angkut itu ke TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Antara/Galih Pradipta)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi