Solopos.com, BOYOLALI – Ratusan warga membawa tenong berisi berbagai makanan, buah-buahan serta aneka jajanan pasar menuju Makam Puroloyo, Desa Sukabumi, Cepogo, Boyolali, Kamis (9/3/2023).

PromosiSkuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Mereka berkumpul di area permakanan leluhur melaksanakan tradisi Sadranan di Lereng Gunung Merapi Boyolali dalam rangka menyambut datangnya Ramadan.

Tradisi turun temurun yang digelar setahun sekali menjelang bulan puasa itu diisi dengan pengajian, zikir tahlil, dan doa oleh sesepuh desa. Seusai berdoa, warga baik dewasa dan anak-anak saling berebut makanan yang dibawa. Hal tersebut dipercaya sebagai simbol kerukunan, sedekah, dan saling berbagi.

 

Warga berkumpul mengelilingi tenong saat tradisi Sadranan di Makam Puroloyo, Desa Sukabumi, Cepogo, Boyolali, Kamis (9/3/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

 

Sejumlah warga berebut makanan saat tradisi Sadranan di Makam Puroloyo, Desa Sukabumi, Cepogo, Boyolali, Kamis (9/3/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

 

Tradisi Sadranan di Lereng Gunung Merapi Boyolali dalam rangka menyambut datangnya Ramadan. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi