Solopos.com, SOLO —  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rangkaian acara ngunduh mantu dalam rangka pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dengan Erina Sofia Gudono. Acara ngunduh mantu yang digelar di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022) tersebut sekaligus sebagai ajang untuk memelihara dan merawat tradisi budaya Jawa.

PromosiKisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Menurut Jokowi, rangkaian acara ngunduh mantu dan kirab pengantin tersebut untuk mengenalkan dan mencintai kebudayaan adalah sebuah kewajiban bersama. Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk menunjukkan kecintaan pada kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia.

Acara diawali prosesi pasrah panampi boyong temanten. Dalam prosesi tersebut, perwakilan keluarga Erina menyerahkan kedua mempelai kepada perwakilan keluarga Kaesang.

Selepas itu, prosesi dilanjutkan dengan tata cara adat gepyokan dan minum air zam-zam serta pengalungan ronce bunga melati kepada kedua mempelai. Selanjutnya, Jokowi dan Iriana memakaikan kain sindur kepada pasangan pengantin sekalian menuju pelaminan.

 

Pasangan pengantin Kaesang-Erina beserta rombongan tiba disambut Presiden Jokowi dan keluarga di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pernikahan Kaesang-Erina/Laily Rachev)

 

Presdien Jokowi dan Iriana memakaikan kain sindur kepada pasangan pengantin sekalian menuju pelaminan saat prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pernikahan Kaesang-Erina/Laily Rachev)

 

Kedua mempelai Kaesang dan Erina sungkem kepada orang tua pada prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung, Solo, Minggu (11/12/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pernikahan Kaesang-Erina/Laily Rachev)

 

Pasangan pengantin Kaesang-Erina berjalan untuk mengikuti prosesi kirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi