Solopos.com, LEBAK — Perempuan Suku Badui menjemur padi huma yang telah dipanen di Kampung Kaduketug, Lebak, Banten, Senin (22/4/2024).

PromosiMoncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Pada bulan Katilu dalam kalender Suku Badui, warga Suku Badui mulai memanen padi huma hasil garapannya selama enam bulan dan selanjutnya akan dilaksanakan acara ritual Seba Badui pada bulan Sapar atau Mei 2024.

Petani Badui Kabupaten Lebak memasuki musim panen padi huma yang dikembangkan di lahan darat sehingga mampu menyumbangkan ketersediaan pangan masyarakat adat itu.

Hasil panen padi huma tersebut tidak dijual, melainkan disimpan di lumbung pangan atau rumah leuit.

Masyarakat Suku Badui menanam padi huma dengan sistem tumpang sari bersama tanaman sayuran, palawija, dan tanaman keras.

Sejumlah perempuan Suku Badui menjemur padi huma di Kampung Kaduketug, Lebak, Banten, Senin (22/4/2024). (Antara/Muhammad Bagus Khoirunas)

 

Pada bulan Katilu dalam kalender Suku Badui, warga Suku Badui mulai memanen padi huma hasil garapannya selama enam bulan. (Antara/Muhammad Bagus Khoirunas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi