Solopos.com, SLEMAN — Pekerja membersihkan lumut yang tumbuh di batuan di kompleks Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta.

PromosiMoncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Pembersihan bangunan candi tersebut dilakukan secara rutin untuk mencegah kerusakan relief pada batuan candi Hindu terbesar di Indonesia tersebut.

Tim juru pelihara dari BPCB DIY melakukan pembersihan debu dan lumut pada seluruh bangunan candi mulai dari bagian luar hingga dalam dan struktur yang berada di Kompleks Candi Prambanan.

Alat untuk membersihkan bangunan candi terdiri dari sikat ijuk, solet bambu, keranjang sampah, dan sapu lidi. Juru pelihara memanjat candi-candi yang menjulang dengan berbekal alat panjat yang memenuhi standar keamanan.

 

Pekerja berada dipuncak bangunan candi saat membersihkan lumut yang tumbuh di batuan Candi Perwara di kompleks Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (21/3/2023). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

 

Pembersihan lumut tersebut dilakukan secara rutin untuk mencegah kerusakan relief. (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi