Solopos.com, FLORES TIMUR — Luncuran lava pijar Gunung Lewotobi Laki-Laki terlihat dari Desa Nurri, Ile Bura, Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (14/1/2024).

PromosiStrategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pemantau Gunung Api Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang mencatat dalam waktu enam jam sepanjang Minggu (14/1) gunung itu telah erupsi sebanyak 12 kali yang terjadi antara pukul 12.00 hingga 18.00 Wita.

Kolom abu yang ditimbulkannya teramati dengan ketinggian 1.000 hingga 1.500 meter di puncak gunung dengan warna asap kelabu.
Selain itu, berdasarkan pengamatan Pos Pemantau, juga terjadi tiga kali awan panas guguran dengan jarak luncur 1.000 meter mengarah ke Utara dan Timur Laut dari gunung tersebut.

Gunung Lewotobi Laki-Laki mengeluarkan lava terlihat dari Desa Nurri, Ile Bura, Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (14/1/2024). (Antara/Mega Tokan)

 

Visual erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Flores Timur, NTT disertai Awan Panas Guguran pada pukul 09.30 WITA, Senin (15/1/2024). (Antara/HO-Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki Flores Timur)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi