Solopos.com, KUDUS — Petugas pelestari Situs Patiayam menggali lokasi temuan fosil gading gajah purba (Stegodon trigenochepalus) saat penyelamatan di Pegunungan Patiayam, Desa Terban, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (14/11/2023).

PromosiNusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Fosil gading gajah yang memiliki panjang sekitar 2,5 hingga 3 meter dan diperkirakan hidup pada zaman Pleistosen antara 2.588.000 hingga 11.500 tahun lalu. Fosil yang ditemukan seorang petani di Jekulo tersebut itu selanjutnya dieskavasi ke Museum Patiayam untuk disimpan dan dilakukan penelitian.

Petugas membersihkan temuan fosil gading gajah purba (Stegodon trigenochepalus) saat penyelamatan di Pegunungan Patiayam, Desa Terban, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (14/11/2023). (Antara/Yusuf Nugroho)

 

Petugas mengukur panjang fosil gading gajah purba (Stegodon trigenochepalus) yang ditemukan di Pegunungan Patiayam, Desa Terban, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (14/11/2023). (Antara/Yusuf Nugroho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi