Solopos.com, BANYUWANGI — Kementerian Perhubungan memastikan kesiapan layanan penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur untuk mendukung kelancaran perjalanan masyarakat selama masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

PromosiAntara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi pada Sabtu (16/12/2023).

Menhub menyampaikan, perbaikan dan peningkatan layanan telah dilakukan di pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk selama masa akhir tahun.

Untuk pelabuhan Ketapang, ASDP telah meningkatkan kapasitas kapal dari 10.685 kendaraan kecil di tahun 2022 menjadi 12.885 kendaraan kecil tahun 2023. Sementara untuk kapasitas pelabuhan ditingkatkan dari 1.270 kendaraan kecil pada 2022 menjadi 1.570 kendaraan kecil tahun ini.

Pelabuhan Ketapang hanya akan melayani kendaraan penumpang saja, sedangkan truk pengangkut barang akan dialihkan ke pelabuhan Tanjung Wangi yang dikelola oleh PT Pelindo dan Pelabuhan Jangkar di Situbondo.

Disisi lain, Kementerian Perhubungan juga memetakan ada tiga titik krusial yang menjadi perhatian selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 diantaranya Pelabuhan Merak-Bakauheni, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, dan Tol Cipali.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Ketapang, pada Sabtu (16/12/2023). (Antara/HO-Kemenhub)

 

Sejumlah kendaraan memasuki kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (16/12/2023). (Antara/Budi Candra Setya)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi