Solopos.com, JEMBRANA — Seekor burung Paok Pancawarna (Javan banded-pitta) jantan bertengger di sebuah dahan pohon di Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Jembrana, Bali, Minggu (31/7/2022).

PromosiTragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Indonesia hingga awal 2022 didiami sebanyak 1.818 spesies burung yang terdiri dari 177 spesies burung masuk kategori terancam punah, 96 spesies di kategori rentan, 51 spesies di kategori genting, dan 30 spesies di kategori kritis yang menjadikan Indonesia menjadi negara dengan jumlah spesies burung terancam punah terbanyak di dunia.

Upaya mencegah punahnya burung spesies Indonesia terus dilakukan seperti di Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Jembrana, Bali telah berhasil menangkarkan burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) yang sempat hampir punah. Data TNBB menunjukan pada tahun 2005, populasi Jalak Bali yang merupakan satwa endemik Pulau Bali bagian barat itu hanya tersisa enam ekor di alam liar dan setelah dilakukan penangkaran berhasil meningkatkan populasinya mencapai 456 ekor di alam liar yang terdata pada bulan April 2022.

 

Seekor burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) bertengger di atas dahan pohon di penangkaran Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Jembrana, Bali, Minggu (31/7/2022). (Antara/Budi Candra Setya)

 

Seekor burung Raja Udang Api (Ceyx erithaca) bertengger di Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Jembrana, Bali, Minggu (31/7/2022). (Antara/Budi Candra Setya)

 

TNBB berhasil menangkarkan dan menyelamatkan Jalak Bali dari kepunahan, kini populasinya mencapai 456 ekor di alam liar yang terdata pada bulan April 2022. (Antara/Budi Candra Setya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi