Solopos.com, KLATEN — Sejumlah warga berkumpul bersama mengelilingi lincak bambu berisi berbagai macam makanan saat Tradisi Kenduri Ruwah Rosul di tempat permakaman Desa Mendak, Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (8/3/2023).

PromosiAlarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Kegiatan itu untuk menjaga tradisi yang telah dilakukan turun temurun oleh warga setempat setiap bulan Ruwah penanggalan Jawa dan sebagai ungkapan rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tradisi yang juga dikenal dengan Sadranan ini merupakan agenda tahunan dalam menyambut datangnya bulan puasa.

Dalam kegiatan itu, warga saling berbagi dan bertukar makanan tradisional yang dibawa diantaranya jajanan pasar, nasi gurih, ayam ingkung, sayur, serta buah-buahan.

 

Sejumlah warga memikul lincak bambu berisi makanan hasil bumi saat Tradisi Kenduri Ruwah Rosul di tempat permakaman Mendak, Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (8/3/2023). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

 

Sejumlah warga mengambil makanan saat Tradisi Kenduri Ruwah Rosul di tempat premakaman Mendak, Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (8/3/2023). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi