Solopos.com, JEPARA — Warga berebut sesaji saat mengikuti prosesi Pesta Lomban di laut Jepara, Jepara, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2024).

PromosiMimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Pesta Lomban yang diadakan nelayan sepekan setelah Hari Raya Idulfitri dengan melarung sesaji berupa kepala kerbau serta hasil bumi ke tengah laut yang diletakkan dalam miniatur kapal.

Prosesi pelarungan sesaji ke tengah laut itu diiringi ratusan warga dengan naik perahu berbagai ukuran. Sesaji yang dilarung kemudian diperebutkan oleh warga.

Tradisi Pesta Lomban digelar sebagai bentuk syukur dan harapan para nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rezeki dan keselamatan saat melaut.

Warga memikul miniatur kapal berisi sesaji saat prosesi Pesta Lomban di TPI Ujungbatu, Jepara, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2024). (Antara/Yusuf Nugroho)

 

Warga naik perahu mengiringi prosesi larung miniatur kapal berisi sesaji saat Pesta Lomban di TPI Ujungbatu, Jepara, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2024). (Antara/Yusuf Nugroho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi