Solopos.com, DENPASAR — Sejumlah remaja mengikuti ritual Metatah atau potong gigi massal yang bertepatan dengan hari suci Tumpek Wayang di Pura Agung Lokanatha, Denpasar, Bali, Sabtu (25/11/2023).

PromosiNusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Metatah merupakan ritual keagamaan yang harus dilaksanakan oleh semua umat Hindu di Bali, khususnya bagi yang telah menginjak masa remaja.

Dalam ajaran ini terkandung nilai-nilai pendidikan budi pekerti yang sedang dibutuhkan pada masa remaja sebagai sarana dalam pembentukan kepribadian anak yang merupakan kelanjutan dari pembentukan di masa bayi dalam kandungan, dengan harapan lahirnya anak yang suputra (anak yang baik).

Kegiatan yang digelar oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Denpasar tersebut diikuti 204 umat Hindu sebagai upaya menghapus stigma bahwa ritual potong gigi di Bali menelan biaya besar dan cenderung dinilai menjadi beban bagi sebagian masyarakat yang belum paham maknanya.

Seorang pemuda Bali melihat giginya melalui cermin saat ritual Metatah atau potong gigi massal yang bertepatan dengan hari suci Tumpek Wayang di Pura Agung Lokanatha, Bali, Sabtu (25/11/2023). (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

 

Kegiatan potong gigi yang digelar oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Denpasar tersebut diikuti 204 umat Hindu. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi