Solopos.com, SOLO – Umat Khonghucu melakukan ritual Pao Oen atau tolak bala mengawali rangkaian perayaan Imlek 2023 di Kelenteng Tien Kok Sie, kawasan Pasar Gede, Solo, Minggu (8/1/2023).

PromosiEra Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Mereka melepas sebanyak 888 burung pipit serta 888 ikan lele. Pao Oen dimulai dengan rangkaian ibadah yang dipimpin oleh Bhante Matra Maitri Mahastavira dari Jakarta Utara.

Ratusan burung yang berada di kandang dilepaskan di depan kelenteng. Setelah melepas burung, mereka melakukan ritual lagi sebelum melepas ikan lele 888 ekor serta memotong rambut untuk membuang sial. Ritual ini dilakukan supaya umat mendapatkan karma baik.

 

Bhante memotong rambut umat Khonghucu pada upacara Pao Oen di Kelenteng Tien Kok Sie, Sudiroprajan, Jebres, Solo, Minggu (8/1/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

 

Upacara Pao Oen merupakan permohonan pengampunan kepada Tuhan YME serta wujud penyatuan dengan alam dan proses penyucian diri umat Khonghucu sebelum perayaan tahun baru Imlek. (Solopos/Putut Hartanto)

 

Umat Khonghucu khusyuk melaksanakan sembahyang pada upacara Pao Oen di Kelenteng Tien Kok Sie, Sudiroprajan, Jebres, Solo, Minggu (8/1/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi