Solopos.com, MAGELANG — Bikkhu mencukur rambut calon Samanera (bikkhu Kecil) saat ritual potong rambut dalam rangkaian upacara Pabbajja Samanera di marga utama kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (16/12/2022).

PromosiOngen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta tersebut merupakan bentuk pengenalan kehidupan monastik atau kerahiban, sekaligus pelatihan moral dan spiritual dalam agama Buddha.

Pabbajja Samanera merupakan kegiatan untuk melatih umat Buddha mempraktekkan kehidupan meninggalkan keduniawian.

Peserta Pabbajja untuk pria wajib mencukur habis rambut, alis, kumis dan jenggot. Serta melepaskan pakaian umat awam, menggantinya dengan jubah, hal ini dimaksudkan sebagai pelepasan keduniawian, mengikuti langkah Guru Agung Sang Buddha.

 

Bikkhu berjalan membawa alat potong rambut saat ritual potong rambut dalam rangkaian upacara Pabbajja Samanera di marga utama kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (16/12/2022). (Antara/Anis Efizudin)

 

Kegiatan ritual pototng yang diikuti oleh ratusan peserta tersebut merupakan bentuk pengenalan kehidupan monastik atau kerahiban, sekaligus pelatihan moral dan spiritual dalam Agama Buddha. (Antara/Anis Efizudin)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi