Solopos.com, KLATEN – Warga menggelar tradisi Nawu Sendang Gotan di Dukuh Karanganyar dan Karanggotan, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom , Senin (13/3/2023) pagi.

PromosiAyo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Tradisi turun temurun sudah dilestarikan selama empat generasi itu bertujuan untuk melestarikan dan merawat sumber mata air.

Dalam ritual tersebut warga menggelar kenduri dan doa bersama dan menikmati secara bersama-sama aneka makanan yang dibawa menggunakan tenong.

Selama ini air dari sendang itu diyakini berkhasiat untuk pengobatan. Banyak warga luar daerah yang berdatangan untuk mengambil air dari sendang tersebut.

 

Warga berada di dasar sumber mata air saat tradisi Nawu Sendang Gotan di Jatinom, Klaten, Senin (13/3/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Warga menguras air Sendang Gotan di Dukuh Karanggotan, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom saat digelar tradisi nawu sendang, Senin (13/3/2023]. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Warga Jatinom Klaten menikmati secara bersama-sama aneka makanan yang dibawa menggunakan tenong pada tradisi Nawu Sendang Gotan, Senin (13/3/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi