Solopos.com, INDRAMAYU — Warga naik kapal saat mengikuti prosesi larung sesaji tradisi sedekah laut atau nadran nelayan di Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (3/5/2023).

PromosiPiala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Sedekah laut tersebut merupakan tradisi yang digelar dua tahun sekali sebagai bentuk syukur nelayan atas melimpahnya hasil tangkapan ikan serta memohon perlindungan dan keselamatan kepada Tuhan YME.

Prosesi upacara Nadran, dimulai dengan mengumpulkan sesajen yang berisikan macam-macam makanan khas, buah-buahan, kepala kerbau yang masih segar, kembang tujuh rupa, dan lain-lainnya. Sesajen ditempatkan di kapalan atau replika kapal laut dan dilarung ke tengah lautan.

 

Warga bersiap melarung replika kapal yang berisi sesaji saat tradisi sedekah laut atau nadran nelayan di Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (3/5/2023). (Antara/Dedhez Anggara)

 

Sedekah laut tersebut merupakan tradisi yang digelar dua tahun sekali sebagai bentuk syukur nelayan atas melimpahnya hasil tangkapan ikan. (Antara/Dedhez Anggara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi