Solopos.com, BOYOLALI – Umat Hindu di Boyolali dan Solo melaksanakan ritual Melasti atau Mendak Tirta Tahun 1946 Saka di Umbul Siti Inggil, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Minggu (3/3/2024).

PromosiBerteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Upacara Melasti tersebut dimulai dengan arak-arakan dari Pura Bhuwana Suci Saraswati di Desa Ngaru-aru sambil membawa empat gunungan hasil bumi dan makanan menuju Umbul Siti Inggil di Desa Bendan.

Ritual Mendak Tirta adalah upacara penyucian benda-benda suci dan dilanjutkan pengambilan tirta atau air yang nantinya digunakan untuk upacara Tawur Agung di Candi Prambanan maupun di pura-pura di wilayah Banyudono.

Umat Hindu membawa gunungan menuju Umbul Siti Inggil dari Pura Bhuana Suci Saraswati Ngaru Aru, Banyudono, Boyolali, Minggu (3/3/2024).  (Solopos/Joseph Howi Widodo).

 

Umat Hindu mengambil air suci saat ritual Mendak Tirta di umbul mata air Siti Inggil di Desa Bendan, Banyudono, Boyolali, Minggu (3/3/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

 

Pemuka agama Hindu memercikkan air saat upacara Mendak Tirta di Umbul Siti Inggil, Desa Bendan, Banyudono, Boyolali, Minggu (3/3/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi