Solopos.com, GIANYAR — Sejumlah wisatawan mancanegara melakukan ritual Melukat atau pembersihan diri di Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar, Bali, Rabu (24/4/2024).

PromosiAntara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Ritual tersebut direncanakan masuk dalam agenda World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali yang akan diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 mendatang.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno tradisi Melukat tersebut akan ditawarkan menjadi salah satu side event kepada sekitar 35.000 peserta World Water Forum.

Ritual Melukat merupakan upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia dan telah dilakukan secara turun temurun oleh umat Hindu Bali.

Melukat, saat ini menjadi salah satu wisata religi di Bali dan menjadi tren bagi wisatawan lokal dan mancanegara untuk melakukan ritual ini.Tak sedikit wisatawan mancanegara, pesohor, artis, hingga selebgram yang datang ke Bali untuk merasakan prosesi melukat.

Seorang wisatawan mancanegara melakukan ritual melukat atau pembersihan diri di Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar, Bali, Rabu (24/4/2024). (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

 

Ritual Melukat direncanakan masuk dalam agenda World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali yang akan diselenggarakan pada 18-25 Mei 2024 mendatang. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi