Solopos.com, GROBOGAN — BPBD Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mencatat jumlah tanggul jebol yang mengakibatkan banjir berada di empat titik yang tersebar di beberapa daerah.

Promosi204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Tanggul jebol di antaranya, di Sungai Tuntang terdapat tiga titik mulai dari Desa Kemiri (Kecamatan Gubug), kemudian di Bendungan Glapan serta di dekat Jembatan Tuntang. Sedangkan satu titik di Sungai Cabean.

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, banjir di Grobogan berdampak di 32 desa di 12 kecamatan di wilayah tersebut dan merendam setidaknya 2.662 rumah dan 56 hektare lahan persawahan, enam sekolah, dan sejumlah rumah ibadah.

Banjir yang disebabkan intensitas hujan tinggi pada Senin (5/2/2024) sore hingga Selasa (6/2/2024) dini hari juga mengakibatkan akses jalan terganggu di antaranya Jalan Raya Purwodadi-Gubug, Semarang-Grobogan, Grobogan-Salatiga, dan Karangrayung-Juwangi.

Foto udara kondisi Sungai Tuntang yang meluap karena tak mampu menampung debit air di Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024). (Antara/Aji Styawan)

 

Sejumlah anak berjalan di halaman masjid yang diterjang banjir di Desa Gubug, Gubug, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024). (Antara/Yusuf Nugroho)

 

Relawan menyiapkan bahan makanan di dapur umum korban banjir di Gubug, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024). (Antara/Yusuf Nugroho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi