Solopos.com, PATI — Warga berjalan dengan membawa obor saat mengikuti tradisi Lamporan di bukit Alang-alang Pegunungan Kendeng, Desa Kedumulyo, Sukolilo, Pati, Jawa Tengah, Senin (24/7/2023).

PromosiMimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Tradisi yang digelar para petani pada bulan Sura tersebut sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan YME atas hasil panen yang melimpah.

Pada awalnya tradisi ini merupakan perwujudan untuk tolak bala hama pertanian dan hal-hal negatif yang bisa menyerang warga serta bentuk penolakan pada kebijakan pemimpin yang merugikan petani.

Warga berdoa bersama saat mengikuti tradisi Lamporan di bukit Alang-alang Pegunungan Kendeng, Desa Kedumulyo, Sukolilo, Pati, Jawa Tengah, Senin (24/7/2023). (Antara/Yusuf Nugroho)

 

Tradisi Lamporan digelar para petani pada bulan Sura tersebut sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan YME atas panen yang melimpah. (Antara/Yusuf Nugroho)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi