Solopos.com, BANGKALAN — Joki memacu sapi tunggangannya saat latihan di Stadion Karapan Sapi (Skep) RP Moh Noer, Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (14/3/2023).

PromosiSemarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Latihan karapan sapi tersebut rutin dilakukan untuk menguji kecepatan dan stamina sapi saat dipacu di lapangan sebelum mengikuti perlombaan.

Karapan Sapi merupakan acara permainan khas masyarakat Pulau Madura, Jawa Timur. Awalnya, karapan sapi digelar untuk memperoleh sapi kuat yang bisa membajak sawah. Namun lambat laun karapan sapi ini menjadi ajang perlombaan hingga saat ini.

Pada perlombaan ini, sepasang sapi menarik semacam kereta dari kayu (tempat joki berdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut) dipacu dalam lomba adu cepat melawan sapi lain dengan lintasan pacuan sekitar 100 hingga 120 meter.

 

Sapi balap dilatih joki di Stadion Karapan Sapi (Skep) RP Moh Noer, Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (14/3/2023). (Antara/Moch Asim)

 

Latihan karapan sapi tersebut untuk menguji kecepatan dan stamina sapi sebelum mengikuti perlombaan. (Antara/Moch Asim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi