Solopos.com, BENGKULU — Benteng (fort) Marlborough merupakan objek wisata sejarah di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu yang dibangun pada masa kolonial Inggris.

Promosi204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Benteng tersebut merupakan basis pertahanan tentara Inggris yang didirikan oleh East India Company (EIC) pada tahun 1714-1719 dengan luas sekitar 4.400 meter persegi itu kini menjadi tujuan wisata sejarah paling favorit di Kota Bengkulu.

Bangunan tersebut dinyatakan sebagai benteng terbesar di Asia Tenggara yang pernah dibangun Inggris.

Nama Marlborough sendiri diambil dari nama jenderal inggris terkenal, yaitu Jhon Churchill Duke Of Marlborough.

Jika dilihat dari ketinggian bangunan benteng Marlborough menyerupai penampang tubuh kura-kura dengan bangunan depan berbentuk kepala dan empat kaki di sisi-sisi lain.

Selain itu, terdapat sebuah jembatan yang sangat unik, yang mana berbentuk layaknya sebuah ekor yang bisa di lepas pasang melalui pengungkitnya. Dan yang paling unik adalah parit penuh jebakan selebar dua meter dan kedalaman 2-3 meter disekelilingnya.

 

Wisatawan mengunjungi benteng Marlborough di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Sabtu (27/5/2023). (Antara/Iggoy el Fitra)

 

Benteng Marlborough merupakan pertahanan Inggris yang didirikan oleh East India Company tahun 1714-1719 dengan luas 4.400 meter persegi. (Antara/Iggoy el Fitra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi