Solopos.com, KLATEN – Tim dari Pusat Riset Arkeologi Prasejarah dan Sejarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengumpulkan data awal terhadap berbagai temuan benda kuno diduga cagar budaya yang ditemukan warga serta komunitas di Kropakan, Mranggen, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Senin (30/1/2023).

PromosiTimnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Peninjauan dan pendataan awal oleh Tim Pusat Riset Arkeologi Prasejarah dan Sejarah BRIN terhadap temuan dugaan sumur kuno dan berbagai macam fragmen kuno di kawasan tersebut diduga gambaran dinamika pemukiman masyarakat pada era Mataram kuno abad 9-10.

Para peneliti itu didampingi warga, Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar), serta Komunitas Pegiat Cagar Budaya (KPCB) Klaten.

 

Peneliti dari BRIN mengecek temuan di wilayah Dukuh Kropakan, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Senin (30/1/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Warga membantu mengukur lebar sumur kuno saat pengumpulan data oleh tim dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kropakan, Mranggen, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Senin (30/1/2023). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi