Solopos.com, KARANGANYAR — Masjid Agung Madaniyah Karanganyar yang dibangun layaknya Masjid Nabawi diperkirakan mampu menampung 4.000 jemaah.

PromosiGonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Hingga kini tahapan finishing pembangunan masjid menelan anggaran Rp89 miliar masih berjalan. Ada empat tiang penyangga payung berdiri berjajar dengan megah. Bentuk payung ini sama seperti yang tampak di bagian luar Masjid Nabawi.

Ornamen tembaga dengan warna emas menghiasi pintu masjid. Sebanyak sembilan buah pintu masuk setinggi tiga meter dengan lebar dua meter terlihat megah bakal menyambut datangnya para jemaah. Pintu kayu jati ini dilapisi tembaga emas berukir dengan motif kaligrafi.

 

Bangunan Masjid Agung Madaniyah Karanganyar, yang hampir selesai pengerjaannya. Foto diambil Rabu (16/2/2022). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

 

Masjid Agung Madaniyah Karanganyar yang dibangun layaknya Masjid Nabawi diperkirakan mampu menampung 4.000 jemaah. (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Baca Juga: Ini Fakta-Fakta Menarik Di Balik Pembangunan Masjid Agung Karanganyar

Ciri khas kontemporer klasik Utsmaniyah Mamluk langsung bisa dilihat dari bentuk pilar melengkung dengan motif hitam putih. Desain pilar seperti ini ada di semua bagian masjid tersebut.

Masjid ini bakal bisa menampung hampir 4.000 jemaah. Tempat salat untuk jemaah pria berada di bawah, sedangkan jemaah putri disiapkan di lantai atas.

 

Pekerja menyelesaikan finishing lantai Masjid Agung Madaniyah Karanganyar pada Senin (21/2/2022). (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

 

Ciri khas kontemporer klasik Utsmaniyah Mamluk langsung bisa dilihat dari bentuk pilar melengkung dengan motif hitam putih. (Solopos/Indah Septiyaning Wardani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi