Solopos.com, PURWAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (9/11/ 2023).

PromosiVonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

PLTS yang berkapasitas 192 megawatt peak (MWp) tersebut merupakan PLTS terbesar di kawasan Asia Tenggara dan nomor tiga di dunia. PLTS terapung ini terletak di Waduk Cirata yang terbentang di area seluas 200 hektare yang terbangun dalam 13 blok dengan lebih dari 340.000 solar panel.

Dalam keterangannya kepada awak media, Presiden Jokowi mengatakan bahwa keberadaan PLTS sebagian besar dimanfaatkan untuk mendukung keperluan industri energi hijau.

Menurut Presiden, Jokowi mengatakan operasional PLTS hasil kerja sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian BUMN, PLN, dan Masdar Uni Emirate Arab itu merupakan mimpi besar Indonesia membangun pembangkit energi baru terbarukan dalam skala besar.

Masdar merupakan perusahaan yang berfokus pada pengembangan, investasi, dan operasi proyek-proyek energi terbarukan dari Arab Saudi.

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Negara Urusan Perdagangan Luar Negeri Uni Emirat Arab Thani Bin Ahmed Al Zeyoudi (keempat dari kanan), Menteri BUMN Erick Thohir (ketiga dari kanan), dan Dirut PLN Darmawan Prasodjo (kiri) menandatangani prasasti saat meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023). (Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)

 

PLTS Terapung Cirata dengan kapasitas 192 Megawatt Peak yang merupakan PLTS terapung terbesar se Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia. (Antara/Raisan Al Farisi)

 

Presiden Jokowi didamping Menteri BUMN Erick Thohir meninjau kawasan PLTS Cirata di Purwakarta, Jawa Barat (9/11/2023). (Biro Pers Setpre/Muchlis Jr)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi