Solopos.com, NGAWI — Ratusan warga melakukan ritual cipratan dalam tradisi Keduk Beji di Desa Tawun, Ngawi, Jawa Timur, Selasa (31/10/2023).

PromosiPramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Tradisi bersih desa dengan menguras dan membersihkan mata air tersebut dilakukan setiap tahun pada hari Selasa Kliwon berdasarkan penanggalan Jawa untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari bencana kekeringan.

Tradisi tersebut sekaligus upaya warga setempat menjaga lingkungan serta kelestarian sumber mata air agar terus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Ngawi

Sendang Beji dipercaya oleh masyarakat Desa Tawun sebagai tempat yang sakral. Dari sumber air tersebut juga digunakan untuk mengairi lahan pertanian dan menyuplai air pemandian di tempat wisata Tawun.

Remaja melumuri wajahnya dengan lumpur dari mata air dalam tradisi Keduk Beji di Tawun, Ngawi, Jawa Timur, Selasa (31/10/2023). (Antara/Ari Bowo Sucipto).

 

Keduk Beji merupakan tradisi menguras dan membersihkan mata air yang dilakukan setiap tahun pada hari Selasa Kliwon. (Antara/Ari Bowo Sucipto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi