Solopos.com, BOYOLALI — Sejumlah prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengikuti Kirab Gunungan Hasil Bumi Saparan di Ngarggosari, Ampel, Boyolali, Minggu (10/9/2023).

PromosiStrategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Festival Hasil Bumi Saparan yang digelar pada bulan Sapar penanggalan Jawa tersebut sebagai wujud rasa syukur warga setempat atas hasi pertanian.

Pada kirab yang melintasi jalanan kampung tersebut warga mengarak dua gunungan apam. Agenda yang baru kali pertama digelar di Dukuh Pucang tersebut menganut ajaran Ki Ageng Gribig di Klaten.

Sejumlah prajurit Keraton Solo mengiringi Kirab Gunungan Hasil Bumi Saparan di Ngarggosari, Ampel, Boyolali, Minggu (10/9/2023). (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

 

Warga berebut gunungan apam seusai kirab Festival Hasil Bumi Saparan di Dukuh Pucang, Desa Ngargosari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Minggu (10/9/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi