Solopos.com, MEDAN — Wali Kota Medan Bobby Nasution akan menutup sementara Medan Zoo selama dilakukan proses pembangunan dan perbaikan. Penutupan ini berdasar rekomendasi dari Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI).

PromosiPrimata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Penutupan ini menyusul kondisi Medan Zoo yang belakangan menjadi perhatian publik karena kondisi yang tidak layak. Kondisi Medan Zoo memprihatinkan karena terlilit utang pakan dan pegawai belum digaji.

Medan Zoo terbengkalai dan tidak terawat menyebabkan tiga harimau Sumatera dan Benggala mati hanya dalam waktu dua bulan, selain itu kesehatan sejumlah satwa yang mengkhawatirkan serta kondisi kandang yang tak layak.

Kebun binatang itu memiliki jumlah kandang 76 unit dengan satwa sebanyak 255 ekor terdiri atas 163 ekor aves, 60 ekor mamalia, dan 32 ekor reptil di lahan 10 hektare dari total seluas 30 hektare.

Seekor kuda berada di luar kandang yang tak terawat di kebun binatang Medan Zoo, Sumatra Utara, Sabtu (20/1/2024). (Antara/Yudi)

 

Seekor beruang madu (Helarctos malayanus) berada di dalam kandang yang tak terawat di kebun binatang Medan Zoo, Sumatra Utara, Sabtu (20/1/2024). (Antara/Yudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi