Solopos.com, DEMAK — Peserta kirab menampilkan sejumlah atraksi kesenian dalam Festival Tradisi Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali di kawasan Alun-alun Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (11/3/2024).

PromosiYos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Tradisi turun-temurun sejak abad ke-15 yang diprakarsai Sunan Kalijaga sebagai media penyebaran agama Islam melalui akulturasi budaya Jawa dan Islam.

Tradisi Megengan memiliki makna bersiapnya masyarakat Demak untuk menahan segala hawa nafsu dalam menyambut Ramadan melalui kesenian, sekaligus sebagai ruang bagi tumbuhnya kreativitas seni dan budaya lokal serta UMKM di Kabupaten Demak.

Foto udara suasana pedagang kaki lima dan UMKM di depan Masjid Agung Demak yang mengikuti Festival Tradisi Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali di kawasan Alun-alun Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (11/3/2024). (Antara/Aji Styawan)

 

Peserta kirab menampilkan kesenian Kemanten Sunat dalam Festival Tradisi Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali di kawasan Alun-alun Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (11/3/2024). (Antara/Aji Styawan)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi