Solopos.com, SOLO — Sejumlah abdi dalem mengikuti prosesi Kirab Sesaji pada tradisi Wilujengan Surud Dalem 378 M/390 J Ingkang Sinuwun Sultan Agung Hanyokrokusumo di kawasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Minggu (20/8/2023).

Promosi204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Kerabat Keraton Solo menggelar doa dzikir pada tradisi tersebut yang diikuti oleh sejumlah kerabat serta abdi dalem dan paguyuban Kawula Karaton Surakarta Hadiningrat (Pakasa) dari Soloraya hingga Jawa Timur sebagai bentuk peringatan wafatnya Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Sultan Agung adalah raja Kesultanan Mataram yang memerintah pada 1613-1645. Sultan Agung dikenal sebagai salah satu raja yang berhasil membawa kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan pada 1627, tepatnya setelah empat belas tahun Sultan Agung memimpin kerajaan Mataram Islam.

Abdi dalem membawa sesaji melintas di kawasan Sitihinggil Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Minggu (20/8/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Iring-iringan abdi dalem melintas di Sitihinggil menuju Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada Wilujengan Sultan Agung Hanyokrokusumo, Minggu (20/8/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)
Ratusan abdi dalem berkumpul saat tradisi Wilujengan Surud Dalem Sultan Agung Hanyokrokusumo ke-390 Tahun di Pagelaran Sasana Sumewa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Minggu (20/8/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi