Solopos.com, JAKARTA — Museum Nasional atau yang dikenal sebagai Museum Gajah terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, terbakar pada Sabtu (16/9/2023) malam.

PromosiTimnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Kebakaran diduga berasal dari korsleting arus listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi museum tersebut. Korsleting di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C.

Api sudah dinyatakan padam pada pukul 22.00 WIB dan petugas melanjutkan proses pendinginan. Sementara itu, pengelola Museum Nasional mengumumkan tutup sementara usai terjadinya kebakaran tersebut.

Pihak museum berhasil mengamankan koleksi dan benda-benda sejarah dan memastikan benda koleksi sejarah Belanda juga aman dari kebakaran tersebut.

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api ketika terjadi kebakaran di Museum Nasional di Jakarta, Sabtu (16/9/2023). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/Spt.
Polisi berjaga saat petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api ketika terjadi kebakaran di Museum Nasional di Jakarta, Sabtu (16/9/2023). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/Spt.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi