Solopos.com, MAGELANG — Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik, Magelang dikenal sebagai kampung wisata yang memiliki keindahan pedesaan dengan latar Gunung Sumbing.

PromosiPemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Kampung wisata Butuh merupakan dusun tertinggi di Kabupaten Magelang berada di lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian 1.750 mdpl yang dijuluki dengan Nepal Van Java karena mirip dengan permukiman warga Nepal di Pegunungan Himalaya tersebut menjadi salah satu tujuan wisata andalan di Kabupaten Magelang.

Nepal Van Java menyuguhkan kesejukan udara dan keindahan alam serta rumah warga yang berwarna-warni.

Kampung wisata yang dikenal sejak tahun 2019 tersebut kini telah mampu mengangkat perekonomian masyarakat setempat dengan dibukanya lapangan kerja baru diantaranya berdirinya warung makan atau kopi, ojek wisata, dan kru parkir serta menyewakan spot untuk wisatawan berfoto.

Wisatawan berfoto di tengah ladang pertanian warga Dusun Butuh, Temanggung, Kaliangkrik, Magelang, Sabtu (9/12/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

 

Wisatawan berfoto dengan latar belakang pemukiman Dusun Butuh, Temanggung, Kaliangkrik, Magelang, Sabtu (9/12/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

 

Wisatawan berjalan menuju spot foto yang dibangun warga di Dusun Butuh, Temanggung, Kaliangkrik, Magelang, Sabtu (9/12/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

 

Pemandangan alam yang indah terlihat di Dusun Butuh, Temanggung, Kaliangkrik, Magelang. (Solopos/Joseph Howi Widodo).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi